Tanaman Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Ketahui Tanaman Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tanaman Untuk Menjaga Kesehatan MataTanaman Untuk Menjaga Kesehatan Mata ,- Mata merupakan salah satu organ paling penting dari tubuh yang harus kita syukuri. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat dan merasakan indahnya memandang suatu hal atau barang di sekitar kita. Dapat Anda bayangkan jika mata mengalami gangguan, tentu hal ini akan menjadi masalah terhadap kualitas mata Anda.

Langkah mudah untuk melindungi mata yaitu memakai kacamata hitam dan topi ketika sedang di luar ruangan, makan makanan yang sehat, menghindari stres, menjaga berat badan serta menghindari asap rokok. Selain itu, kita juga dapat menggunakan tanaman herbal yang dipercaya dapat meningakatkan kualitas mata.

Apakah ada tanaman herbal yang dapat membantu menjaga kesehatan mata tersebut ?

Inilah Tanaman Untuk Menjaga Kesehatan MataTanaman Untuk Menjaga Kesehatan Mata

  1. Daun Sirih

Di Indonesia banyak sekali tanaman yang dapat dipakai dan digunakan untuk obat sakit mata, salah satunya yaitu daun sirih. Khasiat daun sirih untuk mata sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, sejak jaman nenek moyang pun daun sirih telah dipercaya untuk mengatasi masalah mata seperti mata minus ini.

Daun sirih mengandung minyak atsiri yaitu eugenol, karvakol, kadinen, kavikol, dan sineol. Dimana kandungan ini memiliki khasiat untuk mematikan kuman, fungisida, jamur, serta dapat berperan sebagai antioksidan dan antiseptik. Cara mengolahnya pun sangat mudah, yaitu :

  • Siapkan 2-4 lembar daun sirih segar dan masih muda.
  • Lalu cuci hingga bersih.
  • Rebus daun sirih tersebut dengan air secukupnya hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, dinginkan dan masukkan ke dalam baskom.
  • Dekatkan wajah Anda yang sudah dicuci bersih ke dalam baskom tersebut sambil mengedap-ngedipkan mata.
  1. Daun Dewa

Daun dewa dapat digunakan untuk mengobati kebutaan dan menurunkan kolesterol tinggi. Daun dewa juga dapat menghancurkan pembekuan darah di pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar. Cara membuat ramuan dari daun dewa ini, yaitu :

  • Siapkan 3-4 lembar daun dewa dan 25 gram umbinya yang sudah dicuci bersih.
  • Lalu rebus dengan 3 gelas air bersih hingga mendidih / tersisa 1,5 gelas.
  • Minum air rebusan tersebut 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.
  1. Daun Binahong

Binahong merupakan jenis tanaman rambat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Daun binahong juga dapat digunakan untuk pengobatan herbal dalam mengatasi mata minus. Caranya, Anda dapat menumbuk daun binahong hingga halus, lalu kompreskan pada mata selama beberapa menit. Jika sudah, cuci bersih dengan air mengalir.

  1. Rumput Mutiara

Rumput mutiara dapat digunakan untuk menghilangkan sumbatan-sumbatan dalam pembuluh darah halus yang dapat menghambat aliran darah, sehingga akan memperlancar aliran darah ke mata. Cara mengolah rumput mutiara menjadi ramuan, yaitu sebagai berikut :

  • Siapkan 30 gram rumput mutiara yang sudah dicuci bersih.
  • Lalu rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas.
  • Minum air rebusan 2-3 kali sehari dengan masing-masing 2 gelas.
  1. Daun Sendok

Daun sendok yang juga dikenal dengan nama kiurat merupakan Tanaman Untuk Menjaga Kesehatan Mata dari gangguan atau masalah pada mata. Daun ini kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, dan kalsium. Daun senduk juga bermanfaat untuk menyehatkan hati, meningkatkan fungsi ginjal, dan menambah stamina.

Untuk mengolah daun sendok menjadi ramuan, berikut caranya :

  • Siapkan segenggam daun sendok segar yang sudah bersih.
  • Rebus segenggam daun sendok tersebut dengan 4 gelas air bersih.
  • Setelah mendidih atau hanya tersisa 2 gelas, dinginkan dan saring airnya.
  • Agar lebih enak, tambahkan 1 gelas madu untuk 1 gelas air rebusan.
  • Minum secara teratur 3 kali dalam sehari dengan masing-masing tiga seperempat gelas.
  1. Daun Pegagan

Pegagan mengandung berbagai macam zat yang bermanfaat untuk kesehatan. Daun ini memiliki kemampuan dalam memperbaiki pembuluh darah dan sel-sel syaraf mata yang rusak. Selain itu, tanaman ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menyembuhkan mata bengkak.

Untuk mata bengkak, Anda dapat melakukannya dengan cara melumatkan daun pegagan, lalu memerasnya hingga mengeluarkan cairan. Kemudian disaring hingga terpisah dari ampasnya. Cairan ini dapat digunakan sebagai obat tetes mata, digunakan 3-4 kali sehari. Atau Anda juga dapat merebus 20 lembar daun pegagan dengan 3 gelas air hingga mendidih. Dan minum air rebusannya.

  1. Kitolod

Tanaman kitolod memiliki khasiat dalam menyembuhkan gangguan pada mata seperti rabun, mata minus, dan katarak. Bagian tanaman kitolod yang berkhasiat untuk mata adalah bunganya. Getahnya memang mengandung racun, namun bagian tanaman lain memiliki efek antiradang, antikanker, menghilangkan rasa nyeri dan menghilangkan pendarahan.

  1. Kembang Telang

Kembang telang berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti abses, bisul, sakit telinga, demam, busung perut dan radang mata merah. Bagian tanaman yang digunakan adalah bungannya yang berwarna biru. Anda dapat memanfaatkannya dengan cara merendam bunga kembang telang hingga menghasilkan air rendaman yang berwarna biru. Air rendaman tersebut digunakan untuk mencuci mata.

  1. Daun Melati

Daun melati diketahui dapat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan gangguan kesehatan pada mata, khususnya mata minus. Caranya cukup mudah, tumbuk segenggam daun melati hingga halus. Lalu tempelkan pada dahi (sekitar area mata). Jika daun melati mengering, ganti dengan yang baru. Lakukan secara rutin selama proses penyembuhan.

  1. Tanaman Jengger Ayam (Boroco)

Seluruh bagian tanaman boroco bermanfaat untuk mengobati peradangan pada mata. Selain itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati hipertensi. Tanaman boroco akan terasa pahit jika dikonsumsi. Berikut cara mengolah tanaman boroco sebagai ramuan yaitu :

  • Siapkan 10-30 gram boroco yang sudah bersih.
  • Lalu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih.
  • Setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci mata.

PERHATIAN !!!

Mata adalah organ yang sangat vital bagi manusia, berhati-hatilah ketika menggunakan tanaman obat yang berkaitan dengan mata, salah sedikit saja dapat berakibat fatal. Jangan sembarangan menggunakannya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya.

Sekian penjelasan mengenai Tanaman Untuk Menjaga Kesehatan Mata yang dapat kami sampaikan. Selain dengan tanaman diatas Anda juga dapat mengkonsumsi Nutrisi Terbaik untuk Mata yang terbuat dari perpaduan beragam herbal alami. Info selengkapnya silahkan klik >> Obat Herbal Khusus Mata

Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata Anda. Salam sehat 🙂

Posted by :

Tanaman Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *