Wow! Inilah 10 Tanaman Untuk Mengatasi Asam Urat

10 Tanaman Untuk Mengatasi Asam Urat

Tanaman Untuk Mengatasi Asam Urat ,- Selain pengobatan secara medis, ternyata asam urat juga dapat diatasi dengan menggunakan tanaman alami yang mudah didapatkan di alam.

Dimana pengobatan asam urat dengan tanaman ini tidak dicampur dengan zat kimia apapun, sehingga tidak akan menimbulkan efek samping pada tubuh.

Tanaman Untuk Mengatasi Asam UratPenyebab dan Gejala Asam Urat

Asam urat termasuk salah satu penyakit yang banyak di derita oleh masyarakat Indonesia. Dimana penderita asam urat semakin bertambah sejak 5 tahun terakhir. Dan kebanyakan penyakit ini banyak menyerang orang dengan usia lebih dari 30 tahun.

Penyebabnya sendiri sebenarnya sepele yakni salah satunya pola makan yang tidak terjaga. Dimana hal ini sering kali disepelekan oleh banyak orang. Beberapa jenis makanan yang dapat memicu terjadinya asam urat yaitu :

  • Daging-dagingan, seperti : daging merah, jeroan sapi, dada dan kulit ayam, hati sapi, daging ayam dan daging angsa.
  • Makanan olahan, seperti : kornet sapi, ikan kering, minuman manis, roti manis, dan tempe.
  • Makanan laut, seperti : ikan bandeng, ikan haring, udang, lobster, kerang dan ikan kakap.
  • Sayur-sayuran, seperti : kangkung, asparagus, dan biji melinjo.
  • Kacang-kacangan, seperti : kacang hijau, mete, dan kedelai.

Tidak hanya makanan-makanan diatas saja, namun penyakit asam urat juga dapat disebabkan oleh penyakit atau kondisi medis tertentu seperti : diabetes, hipertensi, obesitas, atau penyakit ginjal kronik.

Sebagai akibat dari asam urat ini, penderitanya akan merasakan gejala seperti nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan dan rasa panas pada persendian. Lebih lengkapnya, kunjungi => Gejala Asam Urat.

Tanaman Untuk Mengatasi Asam Urat

Ketika asam urat muncul yang ditandai dengan nyeri pada persendian, tidak disarankan untuk Anda melakukan pemijatan. Karena tindakan pemijatan hanya akan memperburuk kondisi persendian Anda.

Solusi terbaik untuk mengatasinya yakni dengan mencari obat asam urat yang ampuh agar penyakit tersebut segera hilang. Berikut kami rangkum beberapa tanaman obat asam urat alami yang dapat membantu Anda dalam mengatasi asam urat yang diderita.

  1. Kumis kucing

Tanaman Untuk Mengatasi Asam UratKumis kucing (Orthosiphon Aristatus) banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam pengobatan tradisional asam urat. Dimana sifat diuretik pada kumis kucing dapat membantu mengeluarkan asam urat melalui urin.

Untuk mengatasi asam urat dengan kumis kucing dapat dilakukan dengan cara meramunya, yaitu dengan menyiapkan 5 helai daun kumis kucing dan meniran, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dan minum 3 kali sehari.

  1. Daun sirsak

Pada dasarnya, tubuh manusia normal mengandung zat purin. Namun jika terlalu berlebihan dapat menimbulkan asam urat. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda dapat menggunakan daun sirsak. Dimana daun sirsak mengandung senyawa yang dapat membantu mengatasi asam urat ini.

Cara meracik daun sirsak untuk mengatasi asam urat cukup mudah yakni Anda hanya perlu menyiapkan 10-15 lembar daun sirsak, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan ini 2 kali sehari, dianjurkan pagi dan sore hari.

  1. Daun salam

Daun salam memiliki zat tannin yang dapat mengobati asam urat dengan cepat. selain itu, sifat analgetik pada daun salam juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri ketika asam urat kambuh. Dengan membuatnya menjadi ramuan, Anda sudah dapat merasakan khasiat dari daun salam ini.

Cara membuat obat asam urat dari daun salam yaitu siapkan 10 lembar daun salam yang sudah di cuci bersih, lalu rebus dengan 2  gelas air hingga menjadi 1 gelas. Dan minum obat asam urat ini dalam keadaan hangat 2 kali sehari.

  1. Seledri

Seledri merupakan tanaman yang dapat tumbuh di dataran rendah dan biasanya banyak digunakan sebagai bahan pelengkap masakan. Selain itu, ternyata seledri juga dapada digunakan untuk mengobati asam urat. Kandungan Glokosida pada seledri sangat efektif untuk mengatasi masalah pada persendian.

Untuk mengatasi asam urat dengan seledri, Anda dapat memakan seledri secara langsung sebagai lalapan. Atau bisa juga dengan meramunya, caranya : rebus biji seledri sebanyak 1 sendok dengan 3 gelas air, tunggu hingga tersisa 1 gelas. Lalu saring dan minum 2-3 kali sehari.

  1. Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman obat yang cukup populer di Indonesia. Dimana tanaman ini memiliki khasiat sebagai anti-peradangan, analgetik atau penghilang rasa nyeri dan penawar racun. Sambiloto mengandung senyawa flavonoid, keton, alkane, aldehid, mineral, dan laktone.

Beragamnya kandungan inilah membuat sambiloto dapat digunakan untuk mengatasi asam urat. Untuk mengolahnya dapat dilakukan dengan cara merebus 10 gram samboloto kering dan 10 gram temulawak dengan 5 gelas air, rebus hingga tersisa 3 gelas air lalu saring dan minum 3 kali sehari.

  1. Daun mangga muda

Belum banyak yang tau bahwa daun mangga muda juga bermanfaat untuk mengatasi asam urat. Karena senyawa yang ada didalamnya dapat melarutkan kadar purin berlebih yang menjadi penyebab asam urat.

Cara mengatasi asam urat dengan daun mangga yaitu siapkan 5 lembar daun mangga dan 2 daun salam, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah berwarna kecoklatan, saring dan minum selagi hangat secara rutin 1 kali sehari.

  1. Daun meniran

Meniran mengandung flavonoid yang dapat membantu mengatasi asam urat yang sedang kambuh. Kandungan ini akan bekerja dengan meningkatkan fungsi ginjal ketika menyaring darah dan melarutkan asam urat berlebihan.

Cara membuat ramuan dari daun meniran ini yaitu siapkan 10 gram daun meniran dan air sebanyak 3 gelas, lalu rebus hingga tersisa 2 gelas saja. Saring dan minum secara rutin 2x sehari untuk hasil terbaik.

  1. Anting-anting

Tanaman anting-anting merupakan salah satu obat tradisional yang cukup terkenal. Selain bermanfaat sebagai antibiotik, anting-anting juga bermanfaat sebagai antiradang, diuretik, penghenti darah dan pencahar.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat merebus 5-7 potong akar anting-anting kering dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Lalu konsumsi secara rutin 2-3 kali sehari.

  1. Jahe

Jahe banyak digunakan sebagai minuman untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, jahe juga dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri dan peradangan akibat asam urat yang diderita.

Ada banyak sekali cara untuk mengatasi asam urat dengan menggunakan jahe. Salah satunya dengan dibuat menjadi wedang jahe. Selain itu, jahe juga dapat ditambahkan ke dalam masakan Anda.

  1. Daun sidaguri

Sidaguri merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak hidup bersama rumput secara liar. Tanaman ini dapat menjadi obat asam urat karena mengandung zat alkaloid ephedrin yang bersifat diuretik. Sifat inilah yang akan membantu melarutkan asam urat berlebihan melalui urine.

Cara membuat obat asam urat dari daun sidaguri yakni rebus daun sidaguri sebanyak 5-7 lembar dengan 2 gelas air hingga mendidih dan menyisakan setengahnya. Lalu saring air rebusan tersebut dan minum secara rutin minimal 1 kali sehari.

Itulah 10 Tanaman Untuk Mengatasi Asam Urat yang bisa Anda pilih dan Anda lakukan sendiri dirumah. Tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya, begitu pula dengan asam urat yang Anda derita. Agar cepat sembuh konsumsi obat asam urat diatas sesuai aturan.

Disamping itu, Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat seperti melakukan olahraga rutin, mengkonsumsi makanan bergizi, mengurangi berat badan, istirahat yang cukup, dan lain sebagainya.

Demikian artikel singkat kami mengenai Tanaman Untuk Mengatasi Asam Urat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadi referensi Anda dalam mencari pengobatan asam urat yang diderita.

Terimakasih telah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami ini. Salam sehat 🙂

Posted by :

Obat Asam Urat Tradisional

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *