Ramuan Alami Untuk Mengobati Demam Berdarah Dengan Cepat

Ramuan Alami Untuk Mengobati Demam Berdarah Dengan Cepat

Ramuan Alami Untuk Mengobati Demam Berdarah ,- Selain dengan pengobatan medis, pengobatan demam berdarah juga bisa dilakukan dengan menggunakan tanaman alami yang tersedia di alam. Apa saja tanaman alami tersebut ?? Lebih lengkapnya simaklah penjelasan dibawah ini sampai tuntas.Ramuan Alami Untuk Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Nyamuk yang menyebarkan virus ini yaitu nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, dimana kedua nyamuk ini banyak berkembang biak di daerah padat penduduk dengan iklim lembab dan hangat.

Karena diperantai oleh nyamuk, maka demam berdarah tidak dapat menular dari orang ke orang langsung seperti penyakit flu. Diperkirakan jutaan kasus demam berdarah sering terjadi setiap tahunnya dan paling banyak terjadi selama musim hujan dan setelah musim hujan tropis & subtropis.

Baca Juga : Gejala Awal Demam Berdarah

Fase Demam Berdarah

Setidaknya ada 3 fase yang akan dilalui penderita demam berdarah, antara lain :

  1. Fase Demam

Adanya virus dalam aliran darah dapat menyebabkan demam tinggi yang sering lebih dari 40OC dan disertai dengan nyeri umum dan sakit kepala. Kondisi ini biasanya berlangsung selama 2-7 hari.

Ruam kulit juga dapat terjadi pada demam hari pertama atau kedua berupa kulit yang memerah, dapat juga terjadi pada demam hari 4-7, ruamnya mirip seperti campak. Pendarahan ringan dari selaput lendir, mulut dan hidung juga dapat terjadi pada fase ini.

  1. Fase Kritis

Pada sebagian kasus, demam berdarah bisa masuk ke fase kritis. Dimana fase ini terjadi ketika demam turun pada hari ke 3-5. Selama fase ini bisa terjadi penumpukan cairan pada paru-paru (edema paru) dan penumpukan cairan pada rongga perut (ascites), hal ini karena kebocoran plasma.

Pada fase kritis juga penderita bisa mengalami hipovolemia (rendahnya volume darah pada pembuluh darah), shock (tensi turun drastis), dan dapat terjadi disfungsi organ serta pendarahan berat yang biasanya berasal dari saluran pencernaan. Fase kritis lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja.

  1. Fase Penyembuhan

Ketika penderita telah berhasil melewati fase kritis, maka selanjutnya adalah fase penyembuhan dengan resorpsi cairan ke dalam aliran darah yang biasanya berlangsung 2-3 hari.

Pada fase ini, penderita akan terlihat lebih segar dan bugar, namun beberapa ada yang mengalami gatal parah dan detak jantung rendah (bradikardia). Pada fase penyembuhan juga dapat muncul ruam yang lain berupa bercak kemerahan yang disertai dengan pengelupasan ringan pada kulit.

Jika digambarkan, ketiga fase demam berdarah tersebut menjadi seperti ini :Ramuan Alami Untuk Mengobati Demam Berdarah

Sering kali kita sulit membedakan antara demam berdarah dengan sakit flu biasa, utamanya jika belum pernah membaca informasi seputar gejalanya.

Untuk itu, ada baiknya Anda langsung memeriksakan diri ke dokter jika di keluarga ada yang mengalami gejala/tanda demam berdarah untuk mencegah kondisi memburuk.

Pengobatan Demam Berdarah Dengan Bahan Alami

Disamping pengobatan medis yang dilakukan dengan pemberian obat parasetamol dan acetaminophen, demam berdarah juga bisa diobati dengan menggunakan tanaman alami yang tersedia di alam dan mudah untuk didapatkan.

Setidaknya ada 5 jenis tanaman alami yang dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah, diantaranya :

  1. Kunyit (Curcuma Domestica)

Dalam kehidupan sehari-hari, kunyit biasa digunakan sebagai bumbu masakan, pewarna makanan, bahan kosmetik, dan masih banyak lagi lainnya. Rimpang kunyit mengandung minyak atsiri (turmeron, zingiberene) dan zat berkhasiat dari golongan kurkuminoid.

Dari hasil laboratorium mengungkapkan bahwa kunyit memiliki aktivitas sebagai anti-oksidan (yang dapat membantu memberantas virus dengue pada penderita demam berdarah), anti-mikroba, anti-virus, anti-oksidan, anti-tumor, menghambat perkembangan sel kanker, dan mengobati pencernaan.

  1. Meniran (Phyllanthus Niruri)

Meniran memiliki kandungan yang dapat meningkatkan trombosit darah sehingga sangat baik digunakan sebagai Ramuan Alami Untuk Mengobati Demam Berdarah. Di dalam meniran terkandung zat flavonoid yang dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

Selain itu, meniran juga mengandung senyawa alkaloid, asam fenolat, tanin, dan triterpenoid yang dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah. Rebusan daun meniran sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit lainnya seperti penyakit hati, obat batuk, sariawan dan lainnya.

  1. Jambu Biji

Sama seperti meniran, jambu biji juga mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. dalam daun jambu biji terbukti mengandung tanin, minyak atsiri, vitamin C yang tinggi dan minyak lemak.

Berdasarkan penelitian menyatakan daun jambu biji terbukti dapat menghambat aktifitas enzim reverse transcriptase dari virus dengue, kandungan tanin juga mampu menghambat enzim reverse transcriptase maupun DNA polymerase dari virus dan menghambat terjadinya pertumbuhan virus.

  1. Pepaya (Carica Papaya)

Daun pepaya sering digunakan sebagai Ramuan Alami Untuk Mengobati Demam Berdarah, khususnya pada daun pepaya tersimpan berbagai enzim seperti papain, karpain, kontinin, glikosida, miosimin, pseudokarpain, serta karposid.

Umumnya, daun pepaya dijadikan sebagai obat demam berdarah, sakit perut, penyakit cacing perut dan untuk membantu proses pencernaan. Untuk itu, di 23 negara termasuk WHO (World Health Organization) mengakui bahwa daun pepaya adalah ramuan obat.

  1. Temu Ireng (Curcuma Aeruginosa)

Temu ireng telah banyak dimanfaatkan untuk mengobati kerusakan sel-sel hati yang biasanya terjadi pada penderita demam berdarah. Selain itu, temu ireng juga memiliki manfaat untuk mengobati luka lambung dan usus, penyakit asma, batuk, rematik dan lainnya.

Anda tidak percaya ?? Cobalah gunakan tanaman berkhasiat diatas, ketika Anda maupun orang-orang terdekat mengalami demam berdarah. Prinsipnya, jika dapat diobati dengan mudah, kenapa mesti memilih pengobatan yang mahal. Tetapi jika tidak mempan juga, tentu memerlukan campur tangan dokter.

Ramuan Alami Untuk Mengobati Demam Berdarah

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *