10 Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Diabetes

Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Diabetes

Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Diabetes ,- Selain dengan pengobatan, penderita diabetes juga harus memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Sebab, jika salah asupan, kadar gula darah dapat meningkat.

Meningkatnya kadar gula darah pada penderita diabetes dapat berisiko terhadap kesehatan penderita seperti mudah lelah, pusing, kerusakan saraf, penyakit jantung, kebutaan hingga kesadaran menurun.

Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Diabetes

Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang terjadi akibat kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. Dimana kondisi ini terjadi karena tubuh tidak bisa memproduksi insulin atau sel-sel di dalam tubuh. Padahal, insulin merupakan hormon yang berperan penting dalam mengontrol kadar gula dalam darah.

Gula darah berlebih dalam tubuh adalah penyebab utama terjadinya diabetes. Dimana gula itu sendiri banyak berasal dari makanan. Untuk itu, penderita diabetes harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan atau meminum minuman sehari-hari.

Karena jika salah sedikit saja dalam memenuhi asupan makanan / minuman dalam tubuhnya, penyakit diabetes yang diderita pun dapat semakin parah.

Berikut 10 Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Diabetes yang harus dihindari penderita yakni :

  1. Nasi Putih

Nasi putih termasuk salah satu jenis makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Mengapa ? Karena nasi putih mengandung karbohidrat berupa gula yang tinggi, sehingga masalah metabolisme dapat terjadi dan proses resistensi insulin akan lebih cepat.

Jika penderita diabetes merasa harus tetap makan nasi, maka makanlah nasi dari beras merah atau beras hitam.

  1. Berbagai Olahan Tepung

Tepung memiliki kadar glukosa dan karbohidrat yang tinggi. Pada dasarnya, karbohidrat memang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karena karbohidrat dapat memicu gula darah naik dengan cepat. berbagai olahan tepung tersebut yakni berbagai jenis mie dan roti tawar.

  1. Lemak Trans

Lemak trans banyak ditemukan dalam margarin, selai kacang, selai, creamer dan gorengan. Kebanyakan produsen makanan sering menambahkannya ke biskuit, muffin (roti manis / bolu), dan makanan panggang lainnya untuk memperpanjang umur agar lebih awet.

Memang lemak trans tidak langsung meningkatkan kadar gula darah. lemak trans dapat meningkatkan peradangan, resistensi insulin dan lemak perut, serta merendahkan tingkat kolesterol HDL yang “baik” dan mengakibatkan fungsi arteri penderita diabetes terganggu.

  1. Makanan berminyak atau berlemak

Makanan dengan lemak jenuh tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena lemak dapat memperlambat pankreas dalam memproduksi insulin. Akibatnya kadar insulin dalam tubuh pun akan menurun.

  1. Makanan yang Mengandung Protein

Beberapa makanan dengan kandungan protein seperti daging yang digoreng, kulit unggas, keju, ikan goreng dan tahu goreng, sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Penderita diabetes dapat mendapatkan protein dari daging dada ayam tanpa kulit, daging yang direbus, tahu kukus atau rebus, ikan panggang, telur, dan kacang-kacangan.

  1. Produk Susu

Sebaiknya penderita diabetes hindari produk susu seperti susu full cream, es krim, yoghurt dan keju. Namun, para penderita diabetes tetap bisa mengkonsumsi produk susu seperti susu skim, yoghurt dan keju yang rendah lemah.

  1. Minuman Mengandung Gula Berlebih

Minuman seperti teh, soda kalenng, kopi, dan limun memiliki kandungan gula berlebih yang dapat menyebabkan perubahan metabolik dan meningkatkan kadar lemak perut, kadar kolesterol, serta trigliserida.

  1. Junk Food

Junk food mempunyai pengawet tinggi, lemak jenuh, dan kolesterol tinggi yang dapat membuat orang cepat gemuk. Orang gemuk dan pola makan yang buruk dapat membuat kadar gula cepat naik.

  1. Beberapa Jenis Buah & Sayuran

Meskipun buah dan sayur sangat bagus bagi kesehatan, namun tidak semua buah dan sayuran dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ada beberapa jenis buah dan sayuran yang dapat meningkatkan kadar gula darah seperti buah mangga, stroberi, kentang dan labu.

  1. Snack

Beberapa jenis snack juga tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung kalori tinggi dan akhirnyak akan menghambat kinerja insulin. Snack mengandung gula, sodium, tepung terigu dan tinggi pengawet.

Itulah 10 Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Diabetes yang harus dihindari penderita diabetes. Jika penderita diabetes tetap melanggar, maka akibatnya penyakit diabetes yang diderita semakin parah. Untuk itu, penderita diabetes sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman Anda.

Bagi Anda yang sedang mencari pengobatan untuk mengatasi penyakit diabetes, disini kami rekomendasikan kepada Anda untuk mencoba pengobatan dengan obat herbal QnC Jelly Gamat yang terbukti mampu mengobati sekaligus menyembuhkan penyakit diabetes secara alami tanpa efek samping apapun.

Untuk lebih lengkapnya mengenai obat herbal QnC Jelly Gamat ini, Anda dapat mengunjungi link =>> Obat Diabetes Tradisional

Demikian artikel singkat kami tentang Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Diabetes. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Salam Sehat 🙂

Posted by :

Pantangan Makanan dan Minuman Penderita Diabetes

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *