Daftar Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Apakah Anda mengalami asam urat dengan gejala yang tidak kunjung sembuh ? Harap diperhatikan, mungkin ada beberapa Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat malah Anda konsumsi. Akibatnya, rasa nyeri dapat semakin parah, muncul bengkak, dan radang pada jempol kaki.

Maka dari itu, sangat penting bagi penderita asam urat untuk mengetahui apa saja Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat. Yuk, ketahui lebih lengkapnya disini.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Penyakit asam urat adalah penyakit yang terjadi sebagai akibat dari penumpukan zat asam urat di dalam sendi. Sebenarnya asam urat merupakan limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Yang mana zat asam urat ini akan dibuat melalui ginjal dalam bentuk urin atau saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Kebanyakan penyakit ini dipicu oleh naiknya kadar asam urat di dalam darah, salah satunya disebabkan oleh makanan yang menyebabkan peningkatan zat asam urat. Selain itu, seseorang yang gemar mengkonsumsi minuman beralkohol juga memiliki risiko tinggi tekrena penyakit asam urat.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda yang menderita asam urat untuk mengetahui apa saja Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat. Hal ini agar Anda dapat mencegah penyakit asam urat terjadi kembali (kambuh).

Berikut Daftar Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat yakni :

  • Jeroan

Jeroan seperti hati, jantung, limpa, babat, paru, otak dan usus mengandung zat purin yang tinggi. Dimana makanan ini terkenal sebagai penyebab utama terjadinya asam urat. Kandungan purin pada jeroan mencapai 150-800 mg dalam 100 gram bahan makanan.

  • Daging Merah

Sama seperti jeroan, daging merah juga memiliki kandungan purin yang tinggi. Daging merah terdiri dari daging sapi, kambing, dan domba.

  • Sayuran

Ada beberapa jenis sayuran yang mempunyai kadar purin tinggi seperti bayam, kembang kol, asparagus, kacang polong, atau jamur. Akan tetapi, menurut penelitian mengkonsumsi purin yang berasal dari sayuran tidak menimbulkan masalah bagi penderita asam urat. Meski demikian, disarankan agar Anda tetap membatasi jumlah yang sayuran yang mengandung purin ini.

  • Makanan Laut

ada beberapa makanan laut yang mengandung purin tinggi, seperti : ikan sarden, ikan asin, tongkol, kerang, udang, cumi-cumi, kepiting dan telur ikan. Menurut study American College of Rheumatology, 730 kasus asam urat disebabkan oleh kegemaran mengkonsumsi makanan laut.

  • Makanan dengan Bahan Kedelai

Makanan dengan bahan kedelai tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, hal ini karena kedelai mengandung zat purin tinggi terutama kedelai yang telah diproses fermentasi / ragi. Jenis makanan yang diolah dengan kacang kedelai yaitu tahu dan tempe.

  • Makanan Bersantan, Gorengan dan Produk Olahan

Kebanyakan makanan tradisional Indonesia mengandung santan dan digoreng dalam proses pengolahannya. Dimana makanan jenis ini memiliki zat purin yang berlebihan, dan dapat memicu terjadinya asam urat.

Menjauhi Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat dapat membantu tubuh Anda dalam menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Baca Juga : Tanaman Untuk Mengatasi Asam Urat

Meskipun penyakit asam urat yang diderita tidak dapat disembuhkan dengan hanya menjauhi makanan ini. Namun, hal ini dapat membantu Anda menurunkan risiko terkena serangan asam urat berulang sekaligus memperlambat kerusakan pada persendian.

Setelah mengetahui Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat. Kini saatnya untuk Anda mengubah gaya hidup seperti olahraga rutin, minum air putih, dan hindari makanan diatas. Agar penyakit asam urat yang diderita cepat sembuh.

Demikian artikel singkat kami mengenai Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang membacanya. Terimakasih telah berkunjung dan salam sehat 🙂

Posted by :

Obat Asam Urat Tradisional

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *