Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

10 Jenis Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat ,- Penyakit asam urat disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Jika kadar asam urat dalam tubuh tinggi, akibatnya akan terjadi pembengkakan pada sendi dan menimbulkan nyeri yang menyakitkan.

Maka dari itu, sangat penting bagi penderita asam urat untuk menjaga asupan makanan yang ia konsumsi dengan menghindari pantangan makanan untuk penderita asam urat dan lebih baik mengkonsumsi makanan sehat yang sangat dianjurkan untuk penderita asam urat.

Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Sebagian besar orang berpendapat bahwa asam urat adalah penyakit. Namun, faktanya asam urat merupakan senyawa alami yang dihasilkan oleh tubuh. Asam urat sendiri berfungsi sebagai antioksidan, prediksi prognosis orang terserang AIS (Acute Ischemic Stroke) dan berperan dalam sistem imun adaptif.

Jika kadar asam urat dalam tubuh masih normal, hal ini tidak akan menimbulkan masalah atau gangguan bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, jika kadar asam urat dalam tubuh tinggi. Hal ini akan berakibat pada terjadinya gagal ginjal atau rematik asam urat (gout).

Asam urat terbentuk dari zat purin yang diuraikan, lalu disaring oleh ginjal dan dibuang melalui air seni. Jika kadar asam urat tinggi, maka ginjal tidak dapat membuang asam urat tersebut. Akibatnya sendi pun akan mengalami peradangan dan menimbulkan rasa sakit.

10 Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat

Ada banyak menu makanan yang dapat mengakibatkan peningkatan kadar asma urat dalam tubuh dan menyebabkan rusaknya diet harian yang telah dilakukan. Karena itu, agar diet rendah purin Anda tetap terjaga dengan baik, sebaiknya Anda mulai membuat daftar makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Berikut Daftar Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat yang paling dianjurkan :

  1. Sumber Karbohidrat yang Kompleks

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, seperti kentang, nasi, roti, jagung, ubi, dan beberapa jenis sayuran seperti brokoli, kol, wortel, terong, timun dan lain-lain.

Mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks sangat dianjurkan untuk penderita asam urat, karena dapat mengisi energi pada tubuh dan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine. Namun ada baiknya untuk nasi, Anda memililih nasi dari beras merah yang tidak banyak mengandung gula.

  1. Sumber Protein Hewani

Selain sumber karbohidrat kompleks, penderita asam urat juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan sumber protein hewani, seperti : telur dan susu. Untuk susu, ada baiknya Anda memilih susu dengan kandungan lemak yang rendah.

  1. Makanan dengan Kandungan Kalium Tinggi

Kalium adalah ion di dalam tubuh yang berperan dalam menjaga keseimbangan ph (keasaman) dalam darah. Beberapa jenis makanan dengan kandungan kalium tinggi yaitu pisang, kentang, tomat dan yogurt. Dimana makanan-makanan ini dapat membantu peningkatan pengeluaran asam urat oleh ginjal.

  1. Sayuran

Tidak semua jenis sayuran boleh dikonsumsi secara bebas. Pilihlah sayuran dengan kadar purin yang rendah seperti timun, daun selada, dan kentang. Pilih juga sayuran yang mengandung antioksidan seperti kol merah dan paprika.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, kiwi, ceri, lemon, dan kentang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat, karena dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Kandungan vitamin C dalam buah dapat menghancurkan asam urat dan mengeluarkannya melalui urine.

  1. Makanan Kaya Serat

Makanan yang mengandung serat seperti sereal, sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam urat karena serat dalam makanan dapat membuang kelebihan asam urat dalam tubuh dan menyerap penumpukan kristal urat.

  1. Air Mineral

Asupan cairan yang cukup dapat membantu mengurangi pembentukan kristal di sendi. Usahakan minum air mineral minimal 2 liter perhari. Tetapi, Anda juga mungkin memerlukan sebanyak 3 – 3,5 liter perhari tergantung pada berat badan dan seberapa sering Anda berolahraga.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan herbal yang memiliki dampak positif bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk menetralkan kadar asam urat di dalam tubuh. Kandungan asam sitrat dan asam askorbat pada jeruk nipis sangat berperan dalam menetralkan asam urat yang tinggi dalam darah.

  1. Cuka Apel

Cuka apel sudah diketahui memiliki dampak yang baik untuk penderita asam urat. Kandungan malic acid pada cuka apel dapat mencegah asam urat pada sendi dan mengeluarkannya dari tubuh. Cuka apel juga mengandung antioksidan dan anti peradangan yang dapat mencegah encok.

  1. Olive Oil

Olive oil dapat dipertimbangkan sebagai alternatif untuk menurunkan asam urat pada darah. Kandungan antioksidan dan vitamin E dalam olive oil dapat membantu mengatasi asam urat. Olive oil banyak digunakan bersamaan dengan salad, buah dan berbagai jenis pasta.

Itulah 10 Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat yang dianjurkan. Menerapkan pola makan sehat dalam waktu relative singkat juga dapat membantu meredakan gejala asam urat yang dialami dan mencegah komplikasi yang dapat muncul.

Selain memperbaiki pola makan Anda, penting juga bagi penderita asam urat untuk menjaga berat badan dengan berolahraga secara teratur. Hal ini karena obesitas juga dapat menjadi faktor risiko utama penyakit asam urat.

Demikian artikel singkat kami tentang Makanan Sehat Untuk Penderita Asam Urat. Semoga artikel yang telah kami jelaskan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda, khususnya bagi penderita asam urat.

Terimakasih telah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami ini. Salam Sehat 🙂

Baca Juga :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *