7 Ciri Ciri Diabetes Insipidus yang Sering Diabaikan

Ciri Ciri Diabetes Insipidus yang Sering Diabaikan

Ciri Ciri Diabetes Insipidus ,- Diabetes insipidus merupakan penyakit berbahaya yang sulit untuk disembuhkan. Yang mana penyakit diabetes yang satu ini dapat menimbulkan komplikasi yang membahayakan nyawa jika tidak segera ditangani dengan tepat.

Untuk itu sebelum diabetes insipidus ini menyerang Anda, ketahui Ciri Ciri Diabetes Insipidus yang Sering Diabaikan agar kita senantiasa waspada dengan penyakit yang satu ini.

Ciri Ciri Diabetes Insipidus

Diabetes Insipidus adalah jenis penyakit diabetes yang menyebabkan penderitanya sering buang air kecil dan merasakan haus yang berlebihan. Diabetes ini dapat mengakibatkan tidur malam penderita terganggu dan menyebabkannya mengompol.

Penyakit diabetes insipidus ini masih tergolong langka, karena itu banyak orang yang tidak menyadari bahwa diri mereka terserang penyakit diabetes insipidus. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui Ciri Ciri Diabetes Insipidus yang sering dialami dan diabaikan penderita.

7 Ciri Ciri Diabetes Insipidus Yang Perlu Diwaspadai

Ada beberapa ciri diabetes insipidus yang harus Anda kenali dan waspadai sejak dini. Berikut 10 Ciri Ciri Diabetes Insipidus yang sering terjadi yaitu :

  1. Sering Buang Air Kecil

Ciri awal yang dirasakan penderita diabetes adalah seringnya buang air kecil, frekuensi buang air kecil lebih tinggi dibandingkan frekuensi orang normal, khususnya pada malam hari. Selain itu, urin yang dikeluarkan pun tampak encer dan berwarna pudar.

  1. Rasa Haus yang Berlebihan

Normalnya, orang normal akan minum sebanyak ± 8 gelas/hari. Selain baik untuk mencegah dehidrasi, jumlah ini juga cukup untuk menjaga fungsi setiap organ di dalam tubuh agar berfungsi dengan baik dan optimal. Namun jika seseorang merasa haus berlebihan, tentu hal ini perlu diwaspadai bahwa ia menderita diabetes insipidus.

Hal ini karena diabetes insipidus disebabkan oleh terganggunya kerja hormon ADH, yaitu hormon yang berfungsi untuk mempertahankan cairan tubuh. Jika sampai kinerjanya terganggu, maka tubuh akan meresponnya dengan mengirimkan sinyal berupa rasa haus yang berlebihan.

  1. Ngompol

Ciri Ciri Diabetes Insipidus lainnya adalah ngompol di malam hari. Kondisi ini merupakan hal yang tidak wajar bagi orang dewasa untuk ngompol di malam hari. Namun, kondisi ini sering kali tidak bisa dicegah karena terlalu banyaknya cairan yang dikonsumsi seharian.

  1. Suhu Tubuh Tinggi

Suhu tubuh tinggi (hipertermia) merupakan ciri diabetes melitus yang mengacu pada kondisi medis, dimana suhu tubuh mengalami peningkatan. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat memicu munculnya komplikasi lain seperti cemas bahkan kejang.

  1. Tidak Nafsu Makan dan Menurunnya Berat Badan

Orang yang mengalami diabetes insipidus sering kali tidak nafsu makan. Akibatnya, penderita perlahan-lahan akan mengalami penurunan berat badan dan hal ini tentunya akan semakin memperparah kondisi kesehatannya.

  1. Kulit Kering

Pada anak-anak yang mengalami diabetes insipidus, ia cenderung akan mengalami kulit yang menjadi kering. Selain itu, kulit tubuh mereka juga akan terasa dingin, khususnya di bagian tangan dan kaki.

  1. Rewel

Penyakit diabetes insipidus juga dapat menyerang bayi. Apabila bayi atau balita terserang diabetes insipidus, mereka cenderung akan menjadi sangat rewel, mungkin lebih rewel dari biasanya.

Itulah 7 Ciri Ciri Diabetes Insipidus yang Sering Diabaikan. Jika Anda ataupun anak Anda mengalami ciri-ciri diatas, segera periksa le dokter agar dapat ditangan dengan cepat.

Jika diabetes insipidus tidak segera ditanganidengan tepat dan benar, maka penyakit ini berpotensi menimbulkan kondisi serius atau bahkan membahayakan nyawa.

Komplikasi Diabetes Insipidus

Beberapa komplikasi diabetes insipidus yang dapat terjadi, yaitu :

  • Ketidakseimbangan elektrolit, ditandai dengan kelemahan, letih, lesu, nyeri otot, mual, mudah tersinggung, dan kehilangan nafsu makan.
  • Dehidrasi, karena cairan tubuh terus dikeluarkan melalui buang air kecil secara berlebihan, sehingga tubuh tidak bisa mempertahankan cairan yang dibutuhkan.

Demikian artikel singkat kami tentang Ciri Ciri Diabetes Insipidus yang Sering Diabaikan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang membacanya. Terimakasih telah berkunjung dan salam sehat 🙂

Posted by :

Obat Diabetes Insipidus Tradisional

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *