Ciri-Ciri Demam Berdarah Pada Anak Yang Tidak Boleh Diabaikan

demamberdarah.azkacollection.net ,- Demam Berdarah Masih Manjadi penyakit yang begitu ditakuti karena dapat menyebabkan kematian. Dimana penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak dibandingkan orang dewasa.

Maka dari itu, sebelum terlambat! Anda perlu mengetahui apa saja Ciri-Ciri Demam Berdarah Pada Anak yang sering terjadi, hal ini agar Anda senantiasa waspada terhadap penyakit yang satu ini.

Ciri-Ciri Demam Berdarah Pada Anak

Ciri-Ciri Demam Berdarah Pada Anak

Banyak orang yang tidak tahu ciri-ciri demam berdarah karena gejalanya yang mirip dengan demam biasa. Sehingga sangat sulit bagi bunda untuk memastikan apakah anak mengalami demam berdarah atau hanya demam yang disebabkan oleh penyakit ringan.

Setelah digigit oleh nyamuk pembawa virus dengue, anak biasanya tidak akan mengalami gejala demam berdarah, melainkan menunggu masa inkubasi sekitar 3-14 hari setelah gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Pada anak-anak yang sebelumnya tidak pernah mengalami demam berdarah, biasanya mempunyai gejala yang lebih parah dibandingkan dengan orang dewasa.

Adapun ciri-ciri demam berdarah yang dapat dialami oleh anak, antara lain :

  1. Demam Tinggi

Demam merupakan salah satu tanda ketika anak mengalami gangguan dalam tubuhnya, termasuk ketika virus dengue menyerang tubuh anak.

Sebenarnya, demam ini merupakan reaksi alami dari kekebalan tubuh dalam memberikan perlawanan terhadap bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh.

Berbeda dengan demam pada umumnya, demam akibat penyakit demam berdarah ini akan melewati beberapa fase yang biasa disebut dengan fase pelana kuda. Berikut fase tersebut :

  • Fase pertama => umumnya terjadi pada hari ke-3 setelah masa inkubasi. Anak akan mengalami demam tinggi hingga temperatur tubuh mencapai 40OC.
  • Fase kedua => demam akan turun. Namun walaupun demam turun, fase ini adalah fase kritis karena keluarga menganggap bahwa demam yang dialami anak telah sembuh dan inilah yang menjadi faktor keterlambatan penanganan terhadap penderita demam berdarah.
  • Fase ketiga => pada fase ini, tubuh anak akan mengalami demam tinggi dengan kadar trombosit yang meningkat. Biasanya fase ini disebut dengan fase penyembuhan.
  1. Sakit Kepala

Anak yang mengalami demam berdarah dapat mengalami sakit kepala hebat. Dimana sakit kepala ini merupakan tanda atau gejala umum dari suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus.

Ketika tubuh terinfeksi virus, tubuh secara otomatis akan memproduksi interferon dan zat kimia lain yang dapat memicu munculnya rasa nyeri di kepala. Biasanya anak akan mengalami sakit kepala ini dalam waktu yang cukup lama.

  1. Muncul Bintik Merah dan Ruam Pada Kulit

Selain sakit kepala, tubuh anak juga akan mengalami ruam yang disertai dengan bintik merah pada kulitnya. Hal ini terjadi karena virus dengue telah menyerang sistem pembekuan darah di dalam tubuh.

Pada fase yang sangat parah, anak juga dapat mengalami mimisan yang disertai dengan muntah darah berwarna hitam seperti warna kopi. Selain itu, kulit anak juga akan mudah mengalami memar.

  1. Mual dan Tidak Nafsu Makan

Gejala lain dari demam berdarah adalah anak akan mengalami mual atau dalam istilah medis disebut dengan nausea. Gejala ini biasanya terjadi selama dua sampai empat hari.

Selain mual, nafsu makan anak juga akan berkurang. Hal ini karena rasa mual yang ia alami membuatnya sulit untuk menelan makanan.

  1. Mendadak Sangat Lemas dan Lesu

Tubuh anak yang mengalami demam berdarah juga akan menjadi kelelahan karena kurangnya asupan makanan dan sistem imun tubuh yang melemah. Wajah anak juga akan terlihat pucat yang disertai dengan sakit kepala.

Biasanya ciri-ciri demam berdarah pada anak ini terjadi sekitar satu sampai dua minggu setelah masa inkubasi. Sangat penting bagi bunda untuk segera memeriksakan anak ke dokter, jika ia mengalami satu atau beberapa gejala diatas.

Seperti yang kita ketahui bahwa anak masih memiliki sistem metabolisme tubuh yang belum stabil, sehingga pertahanan dirinya terhadap penyakit pun belum sempurna.

Pertolongan Pertama Demam Berdarah

Hal pertama yang perlu bunda lakukan ketika anak mengalami demam adalah jangan panik. Pastikan anak mendapatkan asupan yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi, karena ketika suhu tubuh meningkat maka cairan tubuh pun akan berkurang.

Berikan anak obat penurun demam untuk meringankan rasa nyeri yang terjadi di sekujur tubuh. usahakan agar anak mendapatkan istirahat yang cukup untuk mempercepat proses penyembuhan. Pertolongan pertama ini hanya dilakukan untuk meringankan rasa nyeri yang anak Anda alami.

Walaupun sulit untuk mengatahui secara pasti apakah demam yang dialami oleh anak disebabkan demam berdarah atau penyakit lain, sangat dianjurkan untuk memeriksakan anak ketika demam terjadi pada hari ke-3. Karena itu merupakan waktu yang tepat untuk menentukan penyebab penyakit.

Demikianlah informasi kami seputar Ciri-Ciri Demam Berdarah Pada Anak. Menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan dapat menghindarkan anak Anda dari serangan demam berdarah.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa untuk di share kepada orang tercinta serta teman-teman kalian.

Anda juga harus tahu ini :

Comment (1)

  1. Pingback: Bahaya Demam Berdarah Yang Harus Diwaspadai | Obat Tradisional Demam Berdarah 100% Aman

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *