Bahaya Demam Berdarah Yang Harus Diwaspadai

Waspadai! Bahaya Demam Berdarah

Bahaya Demam Berdarah ,- Penyakit demam berdarah merupakan jenis penyakit yang memerlukan penanganan secepat mungkin. Pasalnya jika terlambat, penyakit ini dapat mengakibatkan syok hingga kematian. Mengapa bisa demikian, simak penjelasannya berikut ini.

Bahaya Demam Berdarah

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang menjadi habitat nyamuk demam berdarah. Untuk itu, demam berdarah masih menjadi masalah kesehatan utama bagi masyarakat Indonesia.

Penyakit demam berdarah sendiri adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue. Dimana virus ini dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Biasanya nyamuk ini akan mengigit di pagi hari sampai sore menjelang petang.

Infeksi akibat gigitan pembawa virus dengue ini dapat menyebabkan 2 jenis demam, yaitu demam dengue (ringan) dan demam berdarah dengue (berat). Namun kebanyakan orang masih sering rancu dengan 2 jenis tersebut.

Kedua jenis demam ini sama-sama disebabkan oleh virus dengue, tetapi yang membedakannya adalah ada tidaknya kebocoran plasma. Pada demam dengue, gigitan nyamuk Aedes Aegypti dapat mengakibatkan demam tinggi, ruam dan nyeri otot/sendi.

Sementara pada demam berdarah dengue (DBD), gigitan nyamuk ini bisa menyebabkan kebocoran plasma yang berpotensi menimbulkan pendarahan serius dan menurunkan tekanan darah secara tiba-tiba. Pada jenis DBD inilah Anda harus waspada dan segera mencari pertolongan medis.

Penderita DBD yang mengalami kebocoran plasma akan tetap kehilangan cairan, walaupun sudah banyak minum atau mendapatkan cairan infus. Kondisi ini disebut dengan dengue shock syndrome (DSS) dan bisa mengakibatkan kegagalan sistem organ yang berujung pada kematian.

*Kenali Gejala Demam Berdarah Dengue

Sebelum terjadi dan bertambah parah, sangat penting bagi Anda untuk mengatahui apa saja ciri atau gejala yang menandakan Anda atau keluarga Anda mengalami DBD.

Berikut beberapa gejala DBD yang harus Anda waspadai :

  • Kesulitan bernapas.
  • Sakit perut yang hebat.
  • Hidung dan gusi berdarah.
  • Mengantuk, kebingungan, hingga kejang.
  • Tidak buang air kecil lebih dari 4 sampai 6 jam.
  • Kulit terlihat pucat, serta tangan dan kaki dingin.
  • Muntah terus menerus, yang terkadang disertai dengan darah.
  • Terjadi pendarahan dengan indikasi berupa BAB berwarna hitam, muntah hitam, dan menstruasi berlebih.

Biasanya gejala DBD ini akan muncul setelah 3 hari munculnya demam pada penderita. Tetapi ini bukan berarti Anda harus menunggu hingga 3 hari untuk berobat ke layanan kesehatan.

Jika orang terdekat Anda atau bahkan anak Anda mengalami demam, pantau terus keadaanya. Jangan sampai Anda lengah, utamanya bila demam terjadi secara tiba-tiba. Segera pergi ke dokter, agar bisa mendapatkan pertolongan dengan cepat.

Selain memberikan tambahan cairan melalui infus, dokter juga akan melakukan transfusi darah untuk mengganti yang berkurang serta memonitor tekanan darah penderita.

Anda Juga Harus Tahu Ini :

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *